Minggu, 27 Januari 2013

Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa/Mahasiswi

Membuka bisnis adalah salah satu tujuan yang tidak boleh kita hilangkan dari garis kehidupan kita. Kalau mau kaya, maka memiliki sebuah bisnis adalah pilihan yang wajib kita pilih. Memang sih kita juga bisa jadi kaya sebagai pegawai, akan tetapi itu sangat sulit. Berbeda dengan kalau kita ikhlas untuk membangun kerajaan bisnis sendiri.
Bicara soal membuka bisnis, maka ketika masih menjadi mahasiswa/mahasiswi adalah saat yang sangat tepat untuk belajar membangun dan merintis bisnis.  Sebenarnya tidak harus menunggu hingga sudah jadi mahasiswa untuk membuka bisnis sendiri, saat masih sekolah pun tidak ada salahnya membuka bisnis sendiri. Saya sendiri sudah membuka bisnis sendiri sejak masih berada di bangku SMA.
Oke, kembali lagi ke pokok bahasan kita yakni bisnis yang cocok untuk mahasiswa/mahasiswi.
Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang cocok untuk seorang mahasiswa/mahasiswi, tergantung orangnya saja apakah mau berbisnis atau tidak. Akan tetapi dilihat dari segi kepraktisan dan efektifitasnya makabisnis internet adalah pilihan yang sangat baik.

Bisnis Internet dan Kalangan Muda

Sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi tentu teman-teman terbiasa memakai internet. Nah karena internet sudah jadi “makanan” sehari-hari maka kenapa tidak coba membuka bisnis lewat internet saja?
Ada banyak kelebihan bisnis internet dibanding jenis bisnis offline di luar sana, berikut saya tampilkan kelebihannya.
  • Murah dan modal uangnya kecil, ya kita tidak perlu buka toko/kantor di dunia nyata. Sebab kita bisa memanfaatkan media yang ada di internet, seperti jejaring sosial (Facebook, Twitter), website/blog ataupun forum-forum yang ada di internet. Modal awal saya buka bisnis internet dulu kurang dari 300 ribu lho. Padahal coba bayangkan, uang 300 ribu sekarang mudah sekali habis kan?
  • Hemat waktu dan mudah dikendalikan. Memang sih yang namanya buka bisnis tetap ada pengorbanan waktu, akan tetapi kalau bisnis online kita sudah jalan maka waktu yang kita curahkan ke bisnis bisa dikurangi.  Selain itu dalam bisnis internet, sudah ada sistem yang bisa kita ciptakan sendiri agar bisnis bisa berjalan secara otomatis.
  • Tidak butuh banyak karyawan. Berbeda dengan bisnis di dunia nyata, di internet kita tidak terlalu butuh karyawan. Apalagi ketika masih di awal maka semua bisa kita kerjakan sendiri atau kita minta bantuan pihak lain. Tentunya sangat menghemat modal awal kita.
Nah dari banyak kelebihan bisnis internet, tentu saya yakin teman-teman pasti mau tahu lebih jauh mengenai bisnis internet ini.

Cara-Cara Menghasilkan Uang dengan Internet

Ada banyak cara-cara berbisnis di internet, nah mari kita bahas ya.

Jualan Online

Teman-teman pasti sering kan lihat orang jualan baju, sepatu, aksesoris di Facebook? Nah itu sudah termasuk bisnis internet lho. Jika teman-teman punya kenalan sama orang yang punya produk fashion, kerajinan tangan atau apa saja, teman-teman bisa bantu orang itu memasarkan produknya lewat internet.
Nah dari sana teman-teman bisa ambil keuntungan. Untuk media jualan online yang dipakai teman-teman bisa pakai akun Facebook, forum jual beli, ataupun pakai toko online.

Blogging

Kegiatan blogging (nge-blog) juga bisa mendatangkan rezeki lho. Kita bisa buat blog, lalu menjadikan blog kita sebagai sumber uang. Dari mana uangnya?
Uangnya bisa kita dapatkan dari iklan. Contohnya bisa teman-teman lihat di blog saya Blog Motivasidi blog itu saya sediakan ruang iklan. Sehingga dari iklan-iklan yang ada saya bisa mendapatkan profit.
Selain dari iklan, kita juga bisa mendapatkan penghasilan lewat blog dengan menjadi makelar online.

Makelar Online

Bisnis makelar online ini juga cukup menjanjikkan, teman-teman bisa pasarkan produk orang lain. Lalu nanti ambil keuntungan dari sana. Istilah bisnis makelar online ini dikenal dengan bisnis afiliasi.
Bisnis afiliasi ini cukup sederhana konsepnya, yakni ada orang yang jual produk. Nah di sini tugas teman-teman adalah membantu pemasaran produk si penjual itu, lalu jika terjadi penjualan berkat upaya promosi teman-teman maka teman-teman akan dibayar komisi.
Jika teman-teman kesulitan mencari si penjual produk yang mau produknya diafiliasikan, maka teman-teman bisa pasarkan produk dari beberapa situs berikut ini.
  • www.amazon.com
  • www.clickbank.com
  • www.paydotcom.com
Jika tidak ada halangan, maka bulan September nanti saya akan merilis buku panduan bisnis afiliasi dari Amazon.

Bisnis Jualan Informasi

Ada satu bisnis yang cukup unik lho di internet, namanya adalah bisnis jualan informasi. Wah seperti apa itu?
Jadi tugas teman-teman adalah membuat produk informasi lalu menjualnya. Seperti apa produk informasi itu? Produknya bisa berupa video tutorial, audio tutorial, ataupun ebook. Yang penting produk itu bisa berisi informasi.
Misalnya teman-teman pintar dalam hal bikin game, nah teman-teman mau membagi ilmu cara membuat game maka teman-teman bisa bikin tutorial dalam bentuk video tutorial atau ebook. Kemudian ebook/video tutorial itu dijual di internet. Sehingga orang-orang bisa belajar bikin game dari produk ebook itu.
Saya sendiri sudah cukup lama menekuni bisnis jualan informasi ini dan hasilnya lumayan tinggi. Jika teman-teman mau tau cara atau metode bisnis ebook ini secara detail maka teman-teman bisa belajar langsung dari Paket Panduan Lengkap Bisnis Ebook yang sudah saya sediakan. Dijamin maknyus deh.. :) .
Nah itulah beberapa ide bisnis online yang sangat luar biasa dan bisa teman-teman terapkan jika teman-teman mau membuka bisnis sendiri. Saya yakin teman-teman pasti bisa, tinggal kembali lagi kepada diri masing-masing. Mau membuka bisnis atau tidak.
Ingat yah, cara terbaik untuk mulai adalah dengan mulai. Ayo kita buka bisnis.
Mudah-mudahan bermanfaat ya.
Salam Super
Penulis dan blogger muda dari Lubuklinggau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar